Home > Renungan > 4 Hal Pencegah Kerugian

4 Hal Pencegah Kerugian

Waktu adalah hal yang paling berharga bagi kehidupan manusia, namun tidak sedikit dari kita yang menyia-nyiakan waktu. Dalam al Quran Allah SWT berfirman :

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal soleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi keabaran.” (Q.S.  Al-A’Shr : 1-3)

Ayat di atas menjelaskan bahwa ada 4 hal yang bisa mencegah manusia dari kerugian, yaitu :

1. Iman yang benar
Ketika seseorang memilki iman yang benar, maka kehidupannya pun akan lebih baik karena ia akan selalu memanfaatkan waktunya untuk mengerjakan hal-hal yang baik dan bermanfaat.

Firman Allah SWT :

“Barang siapa yang mengerjakan amal soleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S.  an-Nahl : 97)

 

2. Beramal soleh
Seseorang yang selalu mengerjakan amal soleh, hidupnya tidak akan pernah menjadi orang yang merugi, bahkan kelak di akhirat ia bisa bertemu dengan Tuhan-Nya. Sebagaimana firman Allah SWT :

“Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya.” (Q.S. al-Kahfi: 110)

 

3. Saling menasehati dalam kebenaran
Setiap manusia tidak luput dari kesalahan, Ia memerlukan orang lain yang bisa membimbing dan mengingatkannya ketika lupa. Sehingga dalam ayat di atas ditegaskan bahwa setiap manusia harus bisa saling menasehati agar ia selalu ada dalam kebenaran.

 

4. Saling menasehati dalam kesabaran
Dalam menjalani kehidupan ini banyak rintangan dan cobaan yang harus kita lalui. Namun, walaupun begitu kita harus bisa menghadapinya dengan kesabaran. Oleh karena itu, setiap manusia harus bisa saling menasehati untuk tetap sabar dikala cobaan datang, sehingga kerugian tidak menimpanya.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Q.S. Al-Baqarah : 155)

Marilah kita gunakan waktu sebaik mungkin dengan melakukan empat hal di atas, sehingga kita tidak termasuk pada golongan orang yang merugi.  (Disalin dari buletin ikhlas edisi 11 maret 2011)

 

 

Categories: Renungan
  1. April 25, 2011 at 12:54 pm

    terima kasih info nya sangat membantu

  2. March 30, 2011 at 1:50 am

    mantapp dan berguna…..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: